• tes

Menginstall XP dari USB flash disk.

Dizaman begitu pesat teknologi juga sekarang semakin canggih, jika kita tidak mengikutinya bisa-bisa kita akan dibilang orang yang katok “ kata tukul”, hahaaha…

Oleh kerana itu up-date terhadap perkembangan teknologi akan sangat diperlukan. Begitu juga terhadap perkembangan komputer yang begitu pesat. Dulu sekitar 6 tahun yang lalu komputer dengan spesifikasi P2, P3 sangat ngetren dikalangan masyarakat bahkan hampir disetiap kantor-kantor menggunakannya. Tapi sekarang sangat sulit dijumpai, bahkan ditoko-toko komputer juga sudah hampir tidak ada komputer dengan spesifikasi tersebut. Buktinya saja sekitar 2 bulan yang lalu, ada seorang teman datang kepada saya ingin membuka toko butik dan dia membutuhkan komputer P2 yang akan digunakan dikasir. Buktinya apa? Hampir minggu saya cari tapi tidak ada. Oleh karena itu saya sarankan untuk menggunakan P3  atau  P4 saja.

Begitu juga sekarang, disaat perkembangan komputer sudah semakin canggih, kadang-kadang harga yang menjadi kendala bagi sebagian orang. Tapi itu bukan masalah, kerena sekarang vendor-vndor terkemuka seperti Acer, Toshiba, Axio dll. Sudah mengeluarkan komputer dengan harga yang cukup murah, yaitu Net Book dan Lap Top dengan Atomnya yang kinerjanya tidak kalah oleh PC dan harganya juga cukup terjangkau oleh masyarakat. Dilihat dari segi harga yang cukup murah, pastinya vendor-vendor tersebut mengurangi fasilitas atau bahan pembuatanya. Buktinya sekarang setiap Net-book sudah  tidak dipasang CD-Rom dan bentuknya juga semakin kecil, saya yakin itu adalah salah satu cara dari vendor untuk mengurangi biaya dari komputer dan net-book tersebut. Dengan tidak adanya CD-ROM berarti komputer meng In-put dan meng Out-put kan data harus menggunakan USB.

Menyalin data menggunakan USB sudah hal biasa bagi setiap pengguna komputer, tapi bagaimana dengan menginstall Windows atau Linux menggunakan USB..!! hal yang sulit kah bagi kamu? Kalo iya berarti kamu pantas dibilang katrok oleh tukul….hahahaha. disini saya akan berbagi sedikit trik dan tip bagai mana cara menginstall komputer menggunakan USB Flash Disk.

Sebelum penginstallan dilakukan, sebelumnya harus dipersiapkan :

  1. USB flash disk minimal 1G.
  2. CD Windows XP
  3. Driver XPFROMUSB. donwload atau disini

Setelah ke tiga hal diatas telah dipersiapkan maka penginstall dapat dilakukan, Yaitu :

  • Ectract file XPFROMUSB yang berbentuk Zip.
  • Masukkan USB Flash disk ke komputer.
  • Masuk ke hasil Extract
  • USB_MultiBoot_10>USB_MultiBoot_10.cmd. dan akan muncul

  • Tekan  sembarang tombol

  • Tekan P untuk memformat Flash Disk. Dan setelah selesai masukkan target ke Flashdisk dan masukkan sumber . contohnya seperti dibawah ini

  • Contoh hasil target, jika benar maka hasil flsh U2G_XXX(H). Dan hasil source nya seperti dibawah ini  :

  • Diatas adalah contoh dari sumber. setelah itu hasilnya seperti dibawah ini :

  • Dan selanjutnya ikuti perintah yang diminnta…dan setelah itu Flash kamu sudah menjadi flash boot yang siap untuk menginstall PC atau laptop yang tidak difasilitasi dengan CD Rom. Yang perlu diingan pada waktu penginstalan posisi booting setup BIOS pada posisi flashdisk.

SELAMAT MENCOBA….SEMOGA BERHASIL..


15 Tanggapan

  1. ok…ok artikel yang bagus

  2. keren men kayaknya perlu gua coba..!artikel TI yg lain dong but yg update..

  3. ok…tungguin aja.

  4. ok sip kang wawan bagus bgt gua punya atom juga sip bisa dimanfaatkan…tuhan ja yang balas kebaikan kang wawan ya
    sukses selalu dan tetep update ya kang ilmu2 baru nya..,……

  5. nice posting, saya udah coba dan sukses. thanx 🙂

  6. kang udah saya coba tp pas masuk USB_MultiBoot_10>USB_MultiBoot_10.cmd. engak keluar tampilan sperti yang diatas tp keluarnya berbentuk winows text. gimana?

  7. Pastikan download XPFROMUSB nya sampai selesai. kemungkinan besar tidak lengkap file downloadnya..
    km jg dapat download disini.

    Ini ada sedikit panduan download disini.. semoga dapat dijadikan referensi

    Semoga berhasil

  8. Thanks ya kang wawan….boleh juga ni di coba!

  9. ok…semoga berguna

  10. Trims, banget yo Kang Wa2n. infoX

  11. thanks men lumayan tambah2 income…
    ada lagi gak second an hardware murah2. hahaha,…ha

  12. og jg 🙂

  13. thx dah mampir, tutorial ini hanya digunakan untuk seri netbook, notbook, dan motherboad seri terbaru mas, kalo booting cuma ada 3 sepertinya tidak bisa..tapi coba dulu flahsdisk yang sudah dibuat di coba di pc yang lain atau laptop.

  14. bisa dibuat di pc yang lain, kalo flasdisknya sudah jadi, bisa langsung booting ke pc manapun dengan catatan pcnya harus bisa di booting lewat flashdisk..

Tinggalkan komentar